De Mata Eye Trick Museum

De Mata Eye Trick Museum merupakan adalah museum 3D satu-satunya di Yogyakarta. Museum yang dibuka pada tanggal 22 Desember 2013 ini memiliki koleksi lukisan yang beragam dan terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya Superhero, Romance, Ornamen, Tokoh Olahraga, Binatang, Landscape, dan masih banyak lagi lainnya. Bila museum biasanya melarang pengambilan foto, di De Mata Museum tidak demikian. Pengunjung justru akan merasa rugi bila tidak berfoto di museum ini. Sesuai namanya, lukisan yang disajikan di museum ini seakan-akan hendak keluar dari bingkainya. Lukisan tersebut memiliki ukuran yang beragam, bahkan ada koleksi dengan panjang 5 meter.

Sebagian besar koleksi museum De Mata merupakan hasil karya FX. Petrus Kusuma dan sebagian lainnya merupakan karya mahasiswa seni rupa Institut Seni Rupa (ISI) Yogyakarta. Museum De Mata menampilkan 120 buah lukisan 3D. Sedangkan di negara lain seperti Hongkong, Jepang, Tiongkok, Singapura, dan Korea hanya menampilkan rata-rata 70 lukisan saja. Hal ini yang membuat Museum De Mata sebagai museum 3D terbesar di dunia.

Biasanya, di museum, kita hanya melihat berbagai lukisan bersejarah dan terkadang membosankan. Di De Mata Eye Trick Museum, kita bisa berfoto dengan lukisan yang terlihat sangat nyata.